Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, August 8, 2014

Butterfly Park

Taman Kupu Kupu
Taman Kupu Kupu
Lokasi Wisata Butterfly Park ini memanglah belum terlampau popular di kelompok orang-orang Indonesia, bahkan juga orang Bandung yang dekat dengan tempat ini belum familiar dengan Taman Kupu-Kupu (Butterfly Park) Cihanjuang. Walau sebenarnya, tempat ini dapat jadi rekomendasi jalan-jalan Anda di hari libur lantaran tak hanya tempatnya yang relatif dekat (terlebih untuk warga Bandung, Cimahi, serta sekitarnya), juga menghidangkan panorama yang sangatlah mengagumkan.

Taman Kupu Kupu
Taman Kupu Kupu
Lokasi Wisata Butterfly Park terdapat di Cihanjuang, Kota Cimahi. Dari arah Bandung, kita dapat mengambil arah menuju Cimahi melalui Cimindi, sedikit menaik ke pertigaan Cihanjuang, lalu belok kanan. Seputar 500m dari pertigaan tersebut Taman kupu-kupu dapat kita temui. Bila kita mengambil arah sebaliknya, dari arah masjid agung Cimahi kita tinggal lurus saja menuju Bandung, hingga di pertigaan Cihanjuang belok kiri meniti jalan yang sama. Tak hanya rute itu, kita dapat juga mengambil arah dari Parongpong. Bila kita dari arah Lembang atau mungkin Bandung Utara, ambillah rute lewat jalan Sersan Bajuri menuju Parongpong. Seputar 200m dari pasar Parongpong menuju Univ. Advent, lalu dari seberang universitas itu belok kiri masuk ke jalan menuju Cihanjuang. Tetapi rute ini tak saya merekomendasikan lantaran tak hanya lebih jauh, jalannya juga tak terlampau bagus. Hal yang sama akan Anda alami bila mengambil jalan dari daerah Sarijadi, jalannya kecil, Curam, serta berkelok-kelok.

Lokasi Wisata Butterfly Park ini beralamat di :
Jl. Cihanjuang km 3,3 No.58 (Cibaligo), Bandung Barat, Jawa Barat 40559, Indonesia

Taman Kupu Kupu
Taman Kupu Kupu
Demikian hingga di tempat kita bakal disambut dengan hawa fresh serta situasi hijau yang asri. Tempat parkirnya luas tetapi sayangnya demikian terbuka serta berkerikil kasar. Setelah itu gapura masuk ke tempat yang di buat classic serta alami seolah menyedot kita untuk masuk ke dalamnya. Masuk gapura, kita sesungguhnya tak betul-betul masuk ke tempat “taman kupu-kupu”, namun kita baru masuk ke ruang umum saja. Disana ada jejeran balai-balai yang dapat digunakan untuk makan sekalian pertemuan. Sedang di ujungnya ada juga aula besar dan arena bermain untuk anak-anak. Disini kita dapat bersantai-santai sembari mengambil photo. Yah, walau disini tak didapati banyak kupu-kupu, namun pengaturannya cukup baik hingga menghidangkan view yang lumayan menarik.

Taman Kupu Kupu
Taman Kupu Kupu
Untuk masuk ke tempat wisata Butterfly Park yang berupa nursery, kita mesti masuk ruang “butik kupu-kupu”. Saya menyebutnya butik lantaran disana ada pajangan anek akupu-kupu yang diawetkan, souvenir khas bertopik kupu-kupu, dan pastinya baju serta merchandise spesial dari taman kupu-lupu. Barulah lalu dengan ticket Rp. 20. 000, - (Dua Puluh Ribu Rupiah) per orang kita bisa masuk ke nursery, yakni taman kupu-kupu yang sebenarnya.



Tamannya tak terlampau luas, bahkan juga menurut saya masih terlampau sempit untuk beberapa ratus kupu-kupu yang beterbangan kesana-ke mari. Menurut petugas yang saya jumpai, disana telah bisa kita jumpai sekita 50 spesies kupu-kupu dari seputar Jawa Barat serta daerah yang lain di Indonesia. Pastinya sebagai promadona yaitu type kupu-kupu besar serta cantik seperti dari grup Troides (Troides helena serta kawan-kawan), dan type Ornithoptera (Ornithoptera priamus serta kawan-kawan). Tak hanya yang dijelaskan diatas, pastinya maish banyak yang dapat kita temui dengan mata cermat.

Taman Kupu Kupu
Taman Kupu Kupu
Tidak bakal capek berkeliling nikmati keindahan sayap kupu-kupu. Tak hanya lantaran tempatnya memanglah tak demikian luas, juga kita bakal dilenakan oleh rasa penasaran pada tiap-tiap kepakan sayap yang kita tengok. Di satu diantara sudut taman, kita dapat temukan “rumah kepompong”. Disanalah kepompong-kepompong itu beralih jadi kupu-kupu. Bila waktunya pas, kita dapat melihat sistem keluarnya sang kupu dari dalam kepompongnya, menggeliatkan sayap rapuhnya, serta mengawali penerbangan pertamanya. Tidak cuma itu, rumah kepompong juga dijaga oleh petugas yang bakal dengan suka hati memberi seluruhnya info yang kita tanyakan sekitar dunia kupu-kupu.

Untuk mengunjungi wisata Butterfly Park, kami sediakan service transportasi atau anda dapat menghubungi kami di alamat :

PT. TJP Seratour

Jl. Juanda 477
Bandung 40135
Office : 022-20455912
Irma : 081221270000
Jhon Wiyono : 0818220650/085722203000

1 comments:

dauze said...

Dijual TAMAN KUPU-KUPU ( http://olx.co.id/iklan/taman-kupu-kupu-cihanjuang-kab-bandung-barat-ID7MmT2.html )

Post a Comment